Wednesday, April 15, 2015

Doa-doa Dalam Al Qur'an Surat Al Baqarah

Doa. Pastinya setiap dari kita pernah berdoa. Berdoa selain sebagai ungkapan permohonan pada Allah SWT juga merupakan perintah Allah SWT. Bahkan, Allah SWT menegaskan bahwa siapa saja yang memohon kepadaNya, niscaya akan Dia kabulkan. Hal tersebut ada dalam Al Qur’an surat 60:
Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."
Pada tulisan kali ini, kita akan menelusuri doa-doa yang ada dalam Al Qur’an surat Al Baqarah. Nama al-Baqarah sendiri berarti "Sapi Betina", merupakan surat ke-2 dalam Al Qur’an. Ayatnya ada 286 ayat, 6.221 kata, dan 25.500 huruf. Berdasarkan turunnya ayat-ayat, Al Baqarah termasuk surat Madaniyah (turun di Madinah). Surah ini dinamai al-Baqarah yang artinya Sapi Betina karena di dalam surah ini terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan  Allah kepada  Bani Israil (ayat 67-74). Demikian sekilas ’profil’ dari surat Al Baqarah. Berikut ini sejumlah doa-doa di dalam surat tersebut:
Doa agar Negara makmur, aman, dan damai


Doa agar amal diterima



Doa agar keluarga mendapat kebahagiaan


Masih ada sejumlah doa-doa lainnya. Untuk doa-doa dalam surat Al Baqarah bisa dilihat dalam video berikut ini. Putar videonya, klik saja.

0 komentar:

Post a Comment