Tuesday, April 7, 2015

Berbagi Inspirasi di Sragen: Inspirasi Berani Kuliah

Kuliah atau meneruskan studi ke perguruan tinggi bagi sebagian orang sudah menjadi kewajaran tetapi bagi sebagian orang lagi di negeri ini bisa jadi adalah impian besar. Bagi masyarakat ekonomi kelas bawah yang orangtua mereka bukan lulusan perguruan tinggi, kuliah membutuhkan lebih dari biaya tetapi juga keberanian.  Kurangnya informasi bahwa ada peluang beasiswa, ada orang yang dulu memiliki keraguan seperti mereka tetapi akhirnya bisa kuliah, dan rasa kurang percaya diri menjadi kendala untuk melanjutkan kuliah. Dengan alasan itulah, Sabtu 28 Maret 2015 bertempat di aula dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sragen, komunitas Sragen Ikhlas Berbagi menggelar acara “Inspirasi Berani Kuliah”.


Saya berkesempatan ikut berbagi dalam acara tersebut bersama dengan dua pembicara lain alumni UGM. Saya diminta untuk berbagi tentang pengenalan potensi diri, materi yang sangat cocok dengan bidang psikologi yang selama ini saya pelajari. Ar Rohim (juara nasional Olimpiade Sain & Tekonologi) diminta berbagi untuk meraih prestasi sejak dini. Budiarjo (aktifis dan trainer muda) berbagi tentang serba-serbi dunia kampus dan informasi beasiswa. Acara yang dihadiri hampir 100 siswa SMA/SMK itu dibuka oleh kepada dinas pendidikan dan kebudayaan. Selama berlangsungnya acara, peserta nampak antusias yang ditunjukkan dengan banyaknya yang bertanya saat sesi tanya jawab dan setelah acara selesai. Ketua panitia, Gunawan Saputro menutup acara dengan kontemplasi dan informasi follow up dari acara tersebut. Acara yang nampak sederhana tapi ternyata penting manfaatnya bagi para pelajar.

Peserta yang datang merupakan pengurus inti dari organisasi di sekolah. Harapan dengan kehadiran mereka, selanjutnya peserta bisa meneruskan inspirasi yang mereka peroleh ke teman-teman di sekolah masing-masing. Saya merasa bahagia ketika ada dari mereka yang langsung action mengadakan acara di sekolahnya. Dari foto yang mereka upload  di grup menunjukkan peserta yang antusias.

Saya ingat masa-masa ketika S1 mengadakan acara yang kurang lebih serupa. Para peserta datang dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah dan acaranya di Semarang. Sekarang, saya yakin mereka sudah menjadi orang hebat semua. Saya juga yakin, mereka kini juga melakukan hal yang dulu mereka terima, yaitu berbagi. Tidak perlu menunggu memiliki semua untuk kita bisa berbagi, mulai dari hal sederhana yang bisa dibagikan. Nasihat yang baik atau kalimat yang motivatif bisa jadi sangat dibutuhkan orang daripada materi. Selamat berbagi. 

0 komentar:

Post a Comment