Sunday, July 17, 2016

Nyala Satu, Tumbuh Seribu (Inspirasi)

“Nyala Satu, Tumbuh Seribu”, itulah buku karya Martonis Tony. Patut saya berterima kasih pada beliau karena buku tersebut menginspirasi saya untuk menulis. Selepas membaca buku tersebut, proyek menulis buku pun saya mulai. Alhamdulillah sekian bulan kemudian terbitlah buku pertama saya berjudul “MASTER from minder: Menjadi sukses dengan kemampuan terbatas” oleh Pro You.


Setiap orang memiliki titik ledaknya sendiri. Potensi dalam diri yang membutuhkan sentuhan sehingga potensi tersebut muncul menjadi tindakan dan karya. Selain sentuhan, butuh momentum, saat ketika potensi tersebut membuncah mengalir tak terbendung sehingga membentuk aliran deras karya-karya hebat. Sentuhan itu bisa datang darimana saja, seperti Ibnu Hajar yang seolah sekian lama tersumbat potensinya kemudian sumbatan itu terlepas ketika mendapati batu berlubang yang setelah dia periksa ternyata karena tetesan air terus menerus. “Jika batu yang keras saja bisa berlubang karena tetesan air terus menerus, maka potensi akal manusia bisa dikembangkan dengan usaha terus menerus”, begitu kira-kira sentuhan titik ledak potensi beliau hingga beliau mengasilkan karya fenomenal, yaitu kitab Fathul Bari. Kitab yang diakui banyak ulama sebagai kitab dengan penjelasan paling detail dari kitab shahih imam Bukhari.


Ibnu Hajar Al ‘Asqalani dengan karya-karya tentu saja memberikan inspirasi bagi banyak orang. Kita akui, ilmu yang beliau tuturkan melalui kitab yang beliau tulis memudahkan kita dalam mempelajari ajaran agama. Sebuah karya yang mengalirkan amal jariyah tersebab orang yang membacanya terinspirasi untuk berbuat kebaikan. Dengan demikian, sebuah inspirasi bagi kita agar menjadikan diri sebagai inspirasi orang lain dalam berbuat kebaikan, baik tutur kata, laku, dan segala amalan kita. Mereka yang menjadikan orang lain berbuat keburukan tentunya juga memperoleh dosa atas keburukan yang orang tersebut lakukan. Semoga kita selalu dalam kebaikan dan menjadi inspirator kebaikan. 

0 komentar:

Post a Comment