Tuesday, February 3, 2009

Menumbuhkan Kekuatan Dahsyat Dalam Diri

By: P-Man


Potensi dalam diri itu awalnya ditemukan, diyakini, dan kemudian menjadi kekuatan dahsyat dengan pengakuan.

Banyak orang yang tidak yakin akan besarnya potensi yang mereka miliki. Bahkan, lebih sering mengkreditkan diri, merasa dirinya kurang. Padahal, sumur potensi itu akan memancarkan banyak mata air kalau sabar dan lebih dalam digali. Menggali saja belum tetapi sudah menyimpulkan tidak ada mata air potensi!?

Bahayanya lagi, kalau orang seperti ini, “rumongso biso tetapi ora biso rumongso.” Merasa dirinya serba bisa tetapi tidak sadar kalau itu hanya kompensasi dari perasaan inverior (rendah diri).

Potensi dalam diri itu awalnya ditemukan, diyakini, dan kemudian menjadi kekuatan dahsyat dengan pengakuan. Potensi itu memunculkan dirinya disaat menemukan pasangan lingkungan yang sesuai. Seorang yang berkaki pincang sekalipun mampu berlari dengan kencang ketika jiwanya terancam (dikejar anjing misalnya). Pagar yang tinggi pun bisa terlampaui.

Temukanlah potensi dalam diri anda. Tes psikologi adalah salah satu sarana untuk memahami potensi yang seseorang miliki. Sekali lagi menggambarkan karena sangat banyak potensi yang seseorang miliki. Tes IQ hanyalah mengukur sebagian aspek saja. Toh, kalau IQ rendah, masih ada EQ, SQ, dan Q yang lain.

Setelah seseorang menemukan potensi dirinya, maka tahap berikutnya adalah meyakini potensi itu betul-betul ada dalam dirinya. Keyakinan itu akan semakin kuat seiring usaha untuk mengasahnya. Mereka yang meyakini akan diamini. Potensi yang akan semakin membulatkan diri dan akan memunculkan kekuatan dahsyat dengan sedikit pemicu sekalipun.

Tahap terakhir, potensi akan semakin dahsyat dengan adanya pengakuan. Tahapan dimana potensi diri dijadikan ciri khas/brand yang khusus dimilikinya (tidak ada orang lain yang sama).

Ketika orang bertanya, “Siapakah orator terbaik Indonesia?” Orang menyebut nama anda tentulah anda akan terus berusaha menjaga dan mengembangkan kemampuan orasi itu. Saat itulah ledakan potensi meluaskan pengaruh dan mengokohkan dirinya.

Satu hal yang perlu diingat bahwa potensi itu akan menunjukkan sinarnya apabila difungsikan pada waktu dan tempat yang sesuai. Di sinilah anda dituntut, tidak hanya sebagai spesialis tetapi juga professional.


Jangan pernah membatasi kemampuan diri. Tembuslah langit kecuali dengan kekuatan.
jadibijak@yahoo.com

0 komentar:

Post a Comment