Rutinitas
kerja dengan berbagai tumpukan banyak agenda memang membawa dampak kepenatan
dalam pikiran. Kebuntuan ide dan penurunan semangat menjadi permasalahan yang
biasa muncul secara individual jika tidak diimbangi dengan rehat yang cukup. Namun
demikian, adakalanya ketika seseorang memilih rehat sejenak dari pekerjaan
justru terasa berat untuk memulai kembali bekerja. Kegiatan yang memiliki nilai
edukatif mendukung pekerjaan sekaligus memiliki nuansa refreshing seperti outbound berlokasi
di tempat wisata menjadi pilihan yang layak dipertimbangkan.
(Mumpung pesertanya masih pada sarapan, photo dulu ^_^)
Senin-Selasa,
1-2 Agustus 2016 lalu saya dan tim diminta untuk memfasilitasi sesi indoor sekaligus outdoor STIE Muhammadiyah Pekalongan. Bukan hanya motivasi yang
diharapkan kembali menyala-nyala dari acara tersebut tetapi juga kinerja yang
melejit guna mencapai targetan-targetan. Kegiatan yang menantang sekaligus
menyenangkan bagi kami sebagai fasilitator. Menantang dalam artian memacu
ide-ide kreatif sehingga acara menarik, ada nilai edukatif sekaligus memuaskan.
Menyenangkan saat mengamati setiap perubahan positif tahapan demi tahapan dari
setiap peserta. Tentunya semakin menyenangkan ketika sekian waktu kemudian
mendapati kabar dampak positif terhadap motivasi dan kinerja dari outbound sekaligus refreshing yang pelaksanaannya di Guci, Bumijawa, Tegal.
Untuk
memastikan tercapainya tujuan dari outbound,
sudah menjadi kebiasaan kami melakukan assessement
dengan bertemu langsung pihak-pihak yang berkepentingan. Utamanya untuk
mengetahui keluhan-keluhan yang ada selama ini dan harapan-harapan dari outbound. Berbagai informasi yang
didapatkan tersebut kemudian digunakan sebagai dasar membuat materi dan
mendesain penyajian materi. Sedikit pengantar kemudian diikuti games atau role play menjadi pilihan yang menarik.
(Siap aksi ^_^)
Games dan role
play memiliki banyak kelebihan. Para peserta umumnya sangat antusias ketika
mereka tidak hanya duduk, diam menyimak pemaparan materi. Pikiran, emosi, dan energi
fisik peserta perlu dialirkan. Dengan demikian, bukan hanya aspek kognitif yang
terlibat tetapi afektif juga psikomotorik. Dalam bahasa pembelajaran ada
istilah yang disebut experiential learning.
Seluruh proses yang dialami oleh peserta bisa diolah menjadi sebuah
pembelajaran.
Oya, pilihan
tempat semisal Guci juga menjadi aspek yang umumnya jadi daya tarik para
peserta. Selain mendapatkan pencerahan dari materi, peserta bisa refreshing. Panorama alam yang indah,
udara yang segar, air panas yang memiliki efek teraupetik tersendiri. Ketegangan-ketegangan
yang mengganggu bisa teratasi dengan pemilihan tempat yang menarik. Dari semua
itu, pencerahan, semangat, dan tentunya kinerja yang meningkat tetaplah menjadi
poin penting yang diharapkan dari acara outbound
sekaligus refreshing.
0 komentar:
Post a Comment