Thursday, April 23, 2009

Mahasiswa Teknik Industri Undip Antusias Mengikuti Pelatihan Soft Skill


By. Sri Mulyadi (Litbang QMC)
Tembalang,- Teriakan penuh semangat para mahasiswa mewarnai pelatihan dan outbound yang diselanggarakan Himpinan Mahasiswa (HM) Teknik Industri Undip bekerja sama dengan Quantum Motivation Centre (QMC), Ahad 19 April 2009 (kemarin) di Kampus Teknik Industri Undip Tembalang. Mahasiswa yang mengikuti pelatihan soft skill sebanyak 70 orang yang terdiri dari angkatan 2008, 2007, 2006. Mereka terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Undip periode tahun ini.

Menurut Yudis Ardya (20), yang sekaligus sebagai sie acara kegiatan mengatakan “Kegiatan dirancang khusus bagi pengurus baru HM Teknik Industri. Karena itu diberi nama Building Up”. Maksud diselenggarakan kegiatan untuk menumbuhkan motivasi bagi fungsionaris himpunan mahasiswadi awal kepengurusan sekarang. Selain itu, juga mengubah paradigma mahasiswa yang selama ini melekat di benaknya bahwa organisasi dan kuliah itu sulit disatukan. “Kami ingin mengubah paradigma itu, bahwa organisasi dan kuliah itu sesuatu yang menyenangkan”, ungkapnya.

Mahasiswa angkatan 2007 yang sekaligus membidangi HRD HM Teknik Industri yakin bahwa Building Up mampu memotivasi pengurus baru HM Teknik Industri untuk beroganisasi secara profesional sekaligus unggul dalam kuliah.

Pelatihan ini terbilang unik. Diawali dengan lomba kreativitas departemen yang diisi dengan memasak, kemudian hasil memasak tersebut sebagai sarapan pagi bersama, prasmanan. Tujuan dari lomba ini adalah menumbuhkan kreativitas peserta dengan memanfaatkan modal yang seadanya, meningkatkan kekompakan anggota (team work) dan kesiapan mahasiswa dalam menyediakan kegiatan kemahasiswaan.

Berikutnya motivation training yang diselenggarakan di dalam ruangan dengan tujuan menumbuhkan kesadaran dan semangat mahasiswa, pentingnya memenej waktu, perencanaan karir, persiapan pasca kampus dan meningkatkan soft skill dalam bekerja nantinya.

Menurut Pariman, selaku direktur QMC sekaligus trainer menegaskan “banyak mahasiswa yang belum memiliki perencanaan karir hingga mereka lulus dan bekerja, organisasi merupakan wadah membangun soft skill yang dibutuhkan setelah lulus nanti.” Program pembangunan soft skill seperti achievement motivation training atau outbound training merupakan program yang menarik bagi mahasiswa. Salah satu mahasiswa peserta pelatihan mengatakan sangat tertarik mengikuti kegiatan ini, “materi sesuai dengan apa yang kita butuhkan”.

Kegiatan ini ditutup dengan outbound sebagai aplikasi guna mendapatkan pengalaman langsung mengenai soft skill yang telah diterima selama pelatihan. Walau hujan, tetapi para peserta tetap antusias mengikuti kegiatan hingga akhir.

Konsultasi dan Motivasi Hubungi:jadibijak@yahoo.com

0 komentar:

Post a Comment